Bebas Lesu Saat Puasa

15 June 2016

Kita sudah memasuki bulan Ramadhan dimana umat muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Bulan ini adalah bulan penuh berkah, dan kita seharusnya meningkatkan ibadah harian kita. Tapi pada kenyataannya seringkali orang yang berpuasa itu merasa lemas, lesu dan tidak bertenaga. Akhirnya mereka memilih untuk tidak banyak bergerak, mengurangi aktifitas dan lebih banyak tidur.

Tahukah anda, bahwa rasa lemah dan lesu saat berpuasa itu disebabkan karena menurunnya gula darah secara berlebihan. Nah, jadi saat gula darah turun terlalu rendah, maka kita akan lemas, letih dan lesu, bahkan seringkali ada juga yang merasakan pusing di kepala.

Tentunya di bulan Ramadhan kita inginnya memperbanyak ibadah kaan...oleh karena itu apa saja sih yang perlu kita lakukan agar kita terhindar dari lemas, letih dan lesu ini. Simak ulasan berikut ini ya.


1. Konsumsilah banyak buah

Sangat disarankan agar kita mengkonsumsi glukosa yang merupakan salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga, cadangan glukosa dan glikogen dalam tubuh harus senantiasa cukup. Pilih makanan dengan Indeks Glikemik rendah dan juga kaya akan serat agar glukosa dapat naik dengan perlahan saat berbuka ataupun saat sahur.


2. Awali berbuka dengan minum terlebih dahulu

Agar gula darah meningkat perlahan berbukalah dengan teh manis hangat dengan 3 buah kurma terlebih dahulu, lalu 10-20 menit kemudian barulah mengkonsumsi makanan yang lainnya. Hindari makanan yang digoreng dan bersantan. Agar menghindari kita dari konsumsi makanan manis yang berlebihan berbukalah dengan mengkonsumsi NutriShake 1 scoop.


3. Minum air 10 gelas setiap hari

Aturlah asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari. Tak mesti mengkonsumsi air mineral, namun juga bisa dalam bentuk jus, teh ataupun sup. 


4. Saat Sahur

Sebaiknya di saat sahur konsumsilah nasi merah yang lebih kaya nutrisi dan padat serat. Nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara bertahap sehingga membantu tubuh mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Pilihan lainnya untuk sahur adalah roti gandum atau oatmeal. Makanan-makanan ini bisa menunda rasa lapar karena makanan ini lambat dicerna dalam tubuh. Cara lainnya, yaitu dengan konsumsi protein yang cukup saat sahur. Minum 2 scoop Nutrishake saat sahur atau menjelang waktu imsak agar tubuh kita tidak mudah lapar dan tetap bertenaga saat seharian berpuasa. 


Selamat menjalankan ibadah Puasa dengan penuh energi SBN-ers :)



Komentar Pembaca

- belum ada komentar -
Kembali