Semakin Fit di Usia 30-an

25 August 2015

Walau telah berusia di atas 30, Anda tak perlu merasa tua. Sebab, usia tubuh seseorang tidak selalu sejalan dengan usia sebenarnya. Bingung? Begini penjelasannya. Usia seseorang terdiri dari usia kronologis dan biologis. Usia kronologis adalah umur yang terhitung dari jumlah tahun sejak kita lahir, sedangkan usia biologis diukur berdasarkan kesehatan tubuh, yang merefleksikan seberapa baik Anda merawat kebugaran tubuh.

Jadi, Anda yang berusia 25 tahun bisa saja secara biologis telah berusia 35 tahun. Sebab, fungsi organ-organ tubuh Anda telah menurun dan sel-sel dalam tubuh telah ‘aus’. Ketika usia biologis Anda jauh lebih tua ketimbang usia kronologis, maka yang terjadi antara lain adalah otot-otot Anda  menyusut dan kekuatannya menurun.

Menurut Dr. Sundardas DA dalam Buku Pintar Kesehatan Wanita Asia, seperti mesin mobil, begitu pulalah tubuh kita. Pada dasarnya, organ-organ tubuh kita dirancang untuk tahan lama. Tapi, bila tidak dirawat dengan baik, akhirnya rusak sebelum waktunya. Peningkatan fungsi organ tubuh berlangsung sejak manusia lahir dan mencapai batas maksimal di usia 25 tahun. Setelah memasuki usia 30, fungsi organ tubuh akan menurun. Bila seseorang tak suka berolahraga, kecepatan penurunan fungsi organ tubuh bisa  mencapai 1% dalam setahun. Berbeda dari orang yang giat berolahraga, yang hanya mengalami penurunan sebesar 0,1% per tahun.

Merawat tubuh dengan berolahraga dan pola makan yang baik tidak hanya membantu mengurangi usia biologis, tapi juga membuat Anda bebas penyakit dan selalu tampak muda. Selain itu, banyak tertawa dan selalu berpikir positif juga membuat wajah Anda tetap cerah. Jadi, tak perlu datang ke klinik bedah plastik untuk membuat Anda tampil lebih muda. Lakukan saja  olahraga, tambahkan porsi sayur dan buahdalam makanan Anda, serta ceriakan hari-hari Anda dengan canda dan tawa. 


(Sumber: Femina)

Komentar Pembaca

- belum ada komentar -
Kembali