Glukosa Sepanjang Hari

3 April 2015

Kandungan glukosa biasa disebut kandungan karbohidrat dalam makanan. Glukosa sama dengan gula.  Satu gram glukosa = satu gram gula = 4 Kkal. Bila seharian Anda mengonsumsi makanan berikut,   coba hitung sendiri glukosa dan kalori yang masuk ke tubuh dalam sehari. Berikut ini panduan dari dr. Abdullah Firmansah, SpGK, Mkes:

•    Satu lembar roti tawar > 15-23 gram karbohidrat
•    Croissant ukuran sedang > 25 gram karbohidrat
•    English muffin > 30 gram karbohidrat
•    Pancake ukuran regular > 30 gram karbohidrat
•    Setengah cangkir kentang tumbuk  > 15 gram karbohidrat
•    Satu piring kecil nasi putih > 44 gram karbohidrat. 

Jangan lupa menghitung karbohidrat yang tidak terasa sudah Anda konsumsi dalam satu hari, seperti, sirop, whipped cream pada minuman kopi, tepung pada tempe goreng, tepung pengental pada sup, bumbu rujak, dressing salad, dan banyak lagi yang lain. Agar tubuh dapat memanfaatkan glukosa dengan baik, dr. Firmansah menyarankan untuk mengonsumsi  glukosa setelah makan dalam jumlah kecil-kecil yang dibagi beberapa kali. 

Contoh, minum teh manis atau kopi manis --masing-masing mengandung 1 sendok teh gula pasir-- setelah makan pagi atau setelah makan siang yang cukup mengandung serat dari sayuran dan buah. 

“Serat akan mengurangi daya serap usus terhadap glukosa.  Jadi, kita masih bisa menikmati rasa manis tanpa khawatir energinya berlebihan,” ujar dr. Firmansah. 

Atau, di bulan Ramadan,  Anda  bisa makan kolak atau makanan manis yang mengandung 1-2 sendok makan gula merah pada saat berbuka puasa. “Keuntungannya, setelah puasa 14-15 jam, saat tubuh kekurangan glukosa, maka konsumsi glukosa saat berbuka akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap glukosa dan cadangan glukosa pun akan terisi kembali,” jelas dr. Firmansah.


(sumber: Femina online)

Komentar Pembaca

- belum ada komentar -
Kembali