[Artikel] 9 Tips Pertahankan Kulit Sehat dan Cantik Selama Puasa

29 May 2017



Saat puasa Ramadan, asupan nutrisi bisa berkurang dibanding biasanya. Sebab, kita tak mendapat asupan makan dan minum selama 14-16 jam. Kenyataan yang harus dihadapi, kita harus tetap melakukan aktivitas di luar rumah ruangan. Paparan sinar matahari, debu, dan polusi akan memperburuk kulit kita, di samping karena kekurangan nutrisi. Tak perlu  khawatir, kamu bisa ikuti 9 cara berikut ini.

1.        Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

Air putih memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga berguna untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Cukupi kebutuhan air per hari ya girls minimal 8 gelas per hari. Meminum air putih yang cukup juga akan mencegah sel kulit menjadi mati karena kekurangan cairan, lho.

 

2.       Habis mandi, jangan lupa pakai body lotion atau body butter.

Body lotion atau body butter sangat penting untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah minyak alaminya tersapu sabun dan air. Pilih yang ada SPF nya girls agar bisa menjaga kulit dari sengatan sinar mata hari dengan kandungan UV-a dan UV-b yang kejam itu. Selain SPF lihat juga PA +++ nya, makin banyak + nya semakin kuat daya proteksi body lotion atau body butter itu. Body butter atau body lotion? Pilih sesuai kebutuhan saja. Kalau kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, lebih baik pilih body butter karena nutrisinya lebih banyak untuk kelembapan kulit.


3.       Lindungi kulit wajah dari sinar matahari dengan sun block dan vitamin wajah.

Gunakan vitamin wajah seperti vitamin E atau serum wajah yang mengandung vitamin dan antioksidan tinggi untuk menjaga kondisi kulit, apalagi saat puasa. Selanjutnya, gunakan sun block untuk menjaga kulit wajah dari UV a dan UV b sinar matahari yang bisa membakar jaringan kulit dan menyababkan penuaan dini. Kamu juga bisa menggunakan masker alami dari buah-buahan untuk membuat wajah semakin berseri.

 

4.       Jaga kelembaban bibir dengan lip balm.

Selama berpuasa bibir akan sering kering karena tubuh kekurangan cairan. Tapi ingat, jangan jilat atau mengelopek kulit bibir ya, guys! Asal kamu tahu, saliva atau air ludah mengandung enzim yang bisa mendegradasi kulit bibir yang tipis, lho. Lebih baik kamu gunakan lip balm yang tidak berasa dan berbau, supaya tidak menggoda untuk dijilat dan berisiko membatalkan puasamu.

 

5.       Jaga kebugaran dan elastisitas kulit dengan olahraga sore.

Sore menjelang berbuka adalah waktu yang tepat untuk berolah raga karena cairan tubuh yang keluar lewat keringat akan segera terganti saat berbuka. Jaga kebugaran tubuh dan elastisitas kulit dengan berolahraga.  Pilih olahraga yang ringan seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda sambil menikmati pemandangan sore.

 

6.       Maksimalkan asupan nutrisi pada saat berbuka.

Saat berbuka, pilihlah makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Kaya protein seperti kacang-kacangan, omega-3 dari alpukat, vitamin, dan serat yang dapat kamu peroleh dari sayuran dan buah. Yoghurt juga bagus untuk pencernaan dan kulit. Pastikan juga kamu minum air putih yang cukup ya!

 

7.       Bersihkan tubuh dari kotoran yang menempel seharian.

Setelah seharian beraktivitas, bersihkan tubuhmu dari kotoran yang menempel. Gunakan air yang tidak terlalu panas. Untuk memaksimalkan kebersihan kulit dan meluruhkan sel kulit mati, kamu bisa gunakan body srub seminggu sekali, agar kulitmu tetap cerah dan sehat alami.

 

8.       Lakukan perawatan kulit sebelum tidur.

Penting sekali menutrisi kulit sebelum tidur. Sebab, tidur menjadi waktu yang tepat untuk kulit beregenerasi. Pastikan sebelum tidur kamu mencuci muka, menggunakan body lotion atau body buter, serum wajah atau night cream. Lip balm juga jangan ketinggalan agar bibir tetap sehat.

 

9.       Last but not least, istirahat yang cukup!

Istirahatlah yang cukup. Tubuh dan kulitmu perlu waktu istirahat yang cukup untuk recovery dan meregenerasi diri. Meskipun harus shalat tarawih, segerakan untuk tidur dan tidak begadang ya, guys. Makan sahur menuntut kita bangun jauh lebih pagi dari biasanya.

 

Nah, nggak perlu khawatir lagi kan beraktivitas di luar ruangan selama puasa? Semoga puasanya lancar ya


sumber https://life.idntimes.com/women/sari-nurmayani/9-tips-pertahankan-kulit-sehat-dan-cantik-selama-puasa/full

Komentar Pembaca

- belum ada komentar -
Kembali